Aneka Pemanis Buatan dan Efeknya

Sedang Trending 1 minggu yang lalu 27
Jumat, 25 November 2022 09:56 WIB
Ilustrasi minuman manis (pixabay.com)

TEMPO.CO, JakartaPemanis buatan diklaim rendah kalori dan dianggap solusi terbaik penderita diabetes. Faktanya, konsumsi pemanis buatan yang berlebih berkolerasi dengan kanaikan kasus obesitas dan diabetes. Menurut siaran pers dari Thermolyte Sweetener, pemanis terdiri dari yang alami dan buatan.

Sesuai dengan namanya, pemanis alami memang berasal dari bahan alami yang relatif aman bagi tubuh. Macam-macam pemanis alami di antaranya madu, gula kelapa, ekstrak daun stevia, xylitol dari jagung, sirup yakon. Umumnya pemanis alami memiliki kadar kalori dan indeks glikemik rendah. Sayangnya, pemanis alami tidak selalu mudah didapat di pasaran. 

Selain pemanis alami, ada pula pemanis buatan yang lebih populer sebagai zat tambahan pada makanan dan minuman olahan. Berikut beberapa jenis pemanis buatan.

Sakarin
Sakarin adalah pemanis buatan dengan bentuk seperti bubuk kristal putih yang tidak mengandung kalori dan cenderung aman bagi penderita diabetes. Rasanya bisa mencapai 300 kali lebih manis dari gula pasir sehingga meninggalkan rasa pahit.

Aspartam
Aspartam termasuk pemanis buatan yang sering dipakai untuk makanan dan minuman cepat saji. Aspartam mudah rusak jika dipanaskan.

Siklamat
Siklamat adalah pemanis yang banyak dipakai untuk membuat permen, makanan penutup, atau makanan dan minuman ringan. Rasa manisnya mencapai 40 kali gula pasir.

Sorbitol
Tidak sama dengan pemanis buatan lain, sorbitol adalah salah sejenis karbohidrat. Pemanis buatan ini punya nama lain D-sorbitol, yang tidak sekadar menambahkan rasa manis tetapi juga bisa menjaga level kelembapan makanan agar teksturnya sesuai keinginan.

Sukralosa
Sukralosa adalah jenis pemanis buatan yang berasal dari sukrosa atau gula tebu tapi tidak ada kandungan kalori dan tidak diserap tubuh. Level manisnya bisa sampai 600 kali lebih dari gula pasir. Cukup gunakan sedikit saja, makanan atau minuman sudah terasa manis. Keunggulan dari sukralosa adalah bisa tetap stabil ketika kena suhu sangat panas atau sangat dingin. Bahkan, sukralosa juga tidak merusak gigi, tidak berpengaruh ke kondisi genetik, dan relatif aman untuk penderita diabetes.

Baca juga: Asupan Gula yang Dianjurkan untuk Anak






3 hari lalu

Inilah 4 Alasan Air Tebu Minuman Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Air tebu dikenal memiliki gula alami yang dapat memberikan dorongan energi. Minum aerial tebu ternyata juga dipercaya dapat menurunkan berat badan.


3 hari lalu

9 Manfaat Air Tebu bagi Kesehatan Tubuh

Air tebu mengandung natrium, kalium, kalsium, magnesium, dan zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh.


5 hari lalu

Tips Hindari Diabetes buat Kelompok Pradiabetes

Penting bagi masyarakat, khususnya kelompok pradiabetes, untuk mencegah diabetes. Berikut cara mencegah diabetes untuk kelompok pradiabetes.


5 hari lalu

Kampanye Pentingnya Batasi Asupan Gula Harian untuk Cegah Diabetes

Masyarakat perlu diedukasi tentang pentingnya pembatasan asupan gula harian dan cara mencegah diabetes.


5 hari lalu

Ini Makanan yang Tetap Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Penderita diabetes perlu untuk memperhatikan apa saja yang boleh dimakan. Berikut makanan yang tetap boleh dikonsumsi penderita diabetes


6 hari lalu

Cegah Komplikasi Penyakit Diabetes Ini Batasan Konsumsi Gula yang Direkomendasikan

Diabetes dapat menimbulkan efek dan komplikasi lain yang dapat memperparah kondisi penderitanya


7 hari lalu

Manfaat Membiasakan Makan Makanan Tawar, Jauhi Diabetes

Membiasakan makan dan minum yang tawar akan menurunkan ketergantungan pada gula dan mencegah diabetes.


7 hari lalu

Ini 4 Manfaat Gula bila Tak Dikonsumsi Berlebihan

Gula mengandung sejumlah nutrisi yang menyehatkan tubuh jika dikonsumsi tanpa berlebihan.


7 hari lalu

Ini Dampak yang Mengintai bila Anak Mengonsumsi Makanan Manis Berlebihan

Makanan manis memberikan sejumlah dampak buruk bagi kesehatan untuk anak jika dikonsumsi secara berlebihan.


9 hari lalu

Diabetes Bukan Cuma Akibat Makanan Manis, Cek Penyebab Lainnya

Dokter mengatakan konsumsi berlebihan makanan manis dan memilih camilan tak tepat, termasuk pola makan buruk, menjadi penyebab orang terkena diabetes.


Saksikan Video Aneka Pemanis Buatan dan Efeknya Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel