Kunjungi Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil Bagikan Pizza

Sedang Trending 1 minggu yang lalu 24

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ketiga kiri) bersama pengungsi melaksanakan shalat Jumat di badan jalan di Kampung Gasol II, Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/11/2022). Pada hari kelima, sejumlah pengungsi memilih melaksanakan shalat jumat di ruangan terbuka akibat sejumlah bangunan masjid rusak dan untuk mengantisipasi terjadi gempa susulan. Sementara, pemerintah Kabupaten Cianjur mengeluarkan Surat Keputusan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Cianjur selama 30 hari hingga 20 Desember mendatang. Republika/Thoudy Badai

Foto: Republika/Thoudy Badai

Ridwan Kamil mau memastikan pasokan logistik bagi korban gempa Cianjur mencukupi

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengunjungi warga korban pengungsian di Kampung Awilarangan, Desa Benjot, Kwcamatan Cugenang, Jumat (25/11/2022). Dia memastikan pasokan logistik aman untuk para pengungsi korban gempa Cianjur sekaligus membagikan pizza. ''Hari ini konsentrasi urusan nyawa tetap ada 30-an korban yang belum ditemukan,'' ujar Gubernur Jabar yang sering disapa Kang Emil kepada wartawan.

Emil yang mendatangi penduduk dengan menggunakan sepeda motor itu menuturkan, setelah korban seluruh tertangani, maka selanjutnya urusan sekolah dan rekonstruksi. Lebih lanjut Emil menuturkan, kondisi pengungsian saat ini jauh lebih bagus dan satu komando posko di pendopo Kabupaten Cianjur. Selain itu, ada pengungsian dibangun TNI dan lainnya yang kondisinya bagus.

Sebelumnya, Emil meminta penduduk tak mengadang pasokan donasi di jalanan. Menurutnya, tindakan itu akan ditindak petugas di lapangan. ''Lima orang sudah ditangkap yang mengadang bantuan-bantuan dan motivasinya sebagian stres merasa donasi tak merata,'' ujarnya.

Untuk mendapatkan bantuan, kata Emil, caranya ada dua merupakan datangi posko pengungsian terpusat di alun-alun lapangan dan pendopo. Nantinya koordinator akan mendatangi posko tersebut.

Kedua, kata Emil, penduduk dapat datang ke pendopo Cianjur dan akan dibantu apa yang dibutuhkan karena ada penyimpanan logistik. ''Jangan coba-coba mengadang akan ditindak kalau perlu donasi hubungi posko pengungsian terpusat,'' ujarnya.

Emil menuturkan, Pemprov Jabar mengucurkan Rp 3 miliar yang sudah dibelanjakan untuk korban gempa Cianjur. Menurutnya, tetap ada anggaran Rp 20 miliar yang akan disiapkan sesuai aturan yang berlaku.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Saksikan Video Kunjungi Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil Bagikan Pizza Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel