Manfaat Ginseng untuk Kulit Meningkatkan Penghalang Kulit hingga Melawan Penuaan

Sedang Trending 1 minggu yang lalu 20
Jumat, 25 November 2022 10:00 WIB
Ilustrasi ginseng. Pixabay.com/markroad1230

TEMPO.CO, Jakarta - Perubahan cuaca dapat menyebabkan kondisi kulit tidak nyaman, seperti kulit kering, radangan, terkelupas, ruam dan lainnya. Sebab itu penting untuk mengetahui produk apa yang paling cocok untuk masalah kulit Anda masing-masing. Menggunakan bahan-bahan yang tepat untuk merawat dan menutrisi kulit Anda dengan benar akan menyelamatkan Anda dari dunia yang tidak nyaman dan iritasi.

Saat melihat produk perawatan kulit (khususnya yang ditujukan untuk kulit sensitif dan rawan jerawat), ginseng termasuk yang sering direkomendasikan. Dikenal karena khasiat penyembuhannya, ginseng dapat dikonsumsi saat Anda sakit dan digunakan secara topikal untuk mendapatkan manfaat perawatan kulit.

Ginseng adalah akar yang biasanya dipanen setelah tumbuh selama enam tahun dan telah mencapai potensi puncak, menjadikannya salah satu bahan herbal paling kuat. Ini menawarkan manfaat antioksidan yang kaya yang dapat membantu mengurangi tampilan kerutan, bengkak, dan peradangan pada kulit sambil meningkatkan elastisitas dan produksi kolagen. Ini sering dijual dalam bentuk bubuk, jadi ketika ingin menuai manfaat perawatan kulit, sebaiknya gunakan produk yang menawarkan ekstrak, sehingga kulit Anda dapat menyerap semua manfaat anti-penuaan yang luar biasa dengan konsentrasi yang lebih tinggi.

Manfaat ginseng untuk kulit

Ginseng berbagai masalah kulit, jelas Dr. Zion Ko. “Ini meningkatkan elastisitas dan merupakan cara alami yang bagus bagi kita untuk membangun kembali, meremajakan, dan meregenerasi penghalang kulit kita,” jelasnya. Ini merawat kulit dari akar dan memberikan kanvas yang sehat, dibandingkan dengan bahan-bahan seperti retinol atau BHA untuk meningkatkan cahaya dan tekstur kulit. Selain itu dikenal karena sifat anti-penuaannya, dapat memperbaiki kulit yang rusak dengan mengisi celah kulit dan meningkatkan kelembapan untuk kulit yang lebih sehat secara keseluruhan.

Ginseng dapat digunakan secara topikal untuk meredakan peradangan, kekeringan, kemerahan, dan bengkak. Ini juga mendukung sirkulasi dan bertindak sebagai antioksidan, melindungi kulit dari radikal bebas dan mengurangi tanda-tanda penuaan. “Ini penting untuk menghilangkan kemerahan dan iritasi yang terjadi di musim dingin, karena akan membantu mengurangi kemerahan dan iritasi serta membantu sirkulasi darah di kulit, yang pada gilirannya mendukung pembentukan kolagen,” jelas ahli gizi klinis, Jessica Sepel.

Apa yang istimewa dari ginseng adalah Anda dapat menuai manfaat ginseng secara interior maupun eksternal. Sepel mengatakan bahwa sangat bagus untuk menggabungkannya dengan obat-obatan herbal lain untuk memberikan dukungan tambahan, dan juga populer untuk diminum sebagai minuman yang dicampur dengan kopi. “Namun, itu juga bisa bekerja dengan baik dengan sendirinya,” dia berbagi.

Sedangkan untuk perawatan topikal, Sepel merekomendasikan untuk mencari produk yang memiliki bahan anti penuaan dan antioksidan lain dalam formulanya. “Beberapa bahan aktif botani dan nutrisi terbaik yang mungkin melengkapi ginseng dalam rutinitas perawatan kulit Anda adalah asam hialuronat, bakuchiol, dan vitamin C,” jelasnya.

Ginseng sangat cocok untuk siapa saja yang ingin meredakan peradangan pada kulit yang rentan jerawat. Ini juga cocok untuk mencegah penuaan dini yang disebabkan oleh agresor lingkungan melalui kemampuan antioksidannya untuk mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas. "Ini sangat membantu selama bulan-bulan musim dingin ketika kondisi cuaca dan pemanasan dapat mengeringkan kulit dan membuatnya lebih rentan terhadap kepekaan," jelas Sepel.

Ini adalah bahan yang cukup lembut, dan dapat dibandingkan dengan bahan yang menenangkan seperti lidah buaya atau teh hijau. Ini adalah antioksidan yang lembut pada kulit dan semua jenis kulit – terutama mereka yang memiliki kulit sensitif atau berjerawat dapat memperoleh manfaat dari penggunaan ginseng. Jadi jika Anda mengalami kulit kering, bersisik, dan tidak nyaman di musim dingin ini, menemukan produk dengan ginseng di dalamnya dapat membantu Anda. Namun, jika Anda tidak yakin apakah bahan ini tepat untuk Anda, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengambil risiko.

INSTYLE

Baca juga: Ginseng hingga Lingzhi, Ini 4 Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Imunitas

Selalu update info terkini. Simak breaking quality dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram lebih dulu.






13 jam lalu

Perbedaan Contour dan Bronzer pada Makeup serta Cara Mengaplikasikannya

Contour dan bronzer adalah dua produk riasan yang sekilas terlihat mirip, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup unik.


18 jam lalu

5 Jenis Kacang yang Membantu Melawan Penuaan

Mengingat sejumlah kandungan gizi di dalamnya, kacang memiliki sejumah manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya adalah menyamarkan penuaan.


1 hari lalu

Nirina Zubir Unggah Foto Tanpa Makeup Tunjukkan Uban dan Kerutan

Nirina Zubir mengatakan semua tanda penuaan tersebut adalah bagian dari dirinya dan bukti bagaimana ia menua.


2 hari lalu

5 Tips Mengurangi Risiko Tumit Pecah-Pecah

Tumit pecah-pecah ditandai dengan kulit yang menebal, retak, dan kasar


2 hari lalu

Deretan 5 Khasiat dari Ginseng India Ashwagandha

Ashwagandha telah digunakan sebagai obat tradisional Ayurveda India selama ribuan tahun. Simak khasiatnya.


2 hari lalu

8 Cara Mengobati Jerawat Dada Menurut Dokter Kulit

Jerawat pada dada seringkali menggangu bagi para wanita, karena itu penting untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkan jerawat yang bersumber dari para ahli


2 hari lalu

Mitos atau Fakta Retinol Menyebabkan Penipisan Kulit

Menurut studi retinol merangsang produksi kolagen pada kulit dewasa


3 hari lalu

Khasiat Resveratrol Antioksidan untuk Memperlambat Proses Penuaan Kulit

Resveratrol merupakan senyawa yang berasal dari kulit serta biji anggur yang berkhasiat untuk mengencangkan kulit dan memperlambat proses penuan kulit wajah.


4 hari lalu

3 Rahasia Kulit Bercahaya dengan Menjaga Kesehatan Holistik

Kunci untuk kulit bercahaya adalah mempraktikkan kesehatan holistik melalui nutrisi yang tepat, hidrasi, dan gaya hidup sehat


4 hari lalu

7 Sayuran dan Buah yang Memiliki Manfaat Anti-penuaan

Penuaan bisa bertambah cepat datangnya dengan gaya hidup yang tidak menentu dan penuh tekanan ditambah dengan faktor lingkungan.


Saksikan Video Manfaat Ginseng untuk Kulit Meningkatkan Penghalang Kulit hingga Melawan Penuaan Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel