Menkeu Pastikan BLT BBM Cair Lagi Bulan Depan, Berikut Cara Mengeceknya

Sedang Trending 1 minggu yang lalu 31
Kamis, 24 November 2022 21:08 WIB
Petugas menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada seorang lansia di Kantor Pos Malang, Jawa Timur, Kamis 8 September 2022. PT Pos Indonesia (Persero) setempat membagikan BLT kepada 16.151 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Malang dengan rincian BLT BBM Rp300ribu per KPM per dua bulan dan BPNT Rp200 ribu per bulan. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah akan menyalurkan bantuan langsung tunai atau BLT BBM untuk periode Desember 2022. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat konferensi pers APBN Kita pada Kamis 24 November 2022. Sri Mulyani mengatakan pemerintah juga telah merealisasikan bantuan tambahan sebagai pengalihan kenaikan harga BBM atau BLT BBM, sebesar 15,6 triliun.

Baca: Teten Pastikan BLT UMKM Tidak Cair Tahun ini: Tidak Ada Waktu Lagi

Untuk BLT BBM, lanjutnya, telah disalurkan sebesar Rp6,21 triliun kepada sebanyak 20,65 juta penerima hingga 31 Oktober 2022.

“Sekarang sudah terealisasikan Rp6,21 triliun, karena memang Kementerian Sosial sengaja membayarkan separuh dulu, dan separuh baru akan dibayarkan pada Desember, jadi realisasinya akan mencapai Rp12,4 triliun,” katanya. 

Selain itu, pemerintah juga telah merealisasikan bantuan subsidi upah sebesar Rp7,68 triliun kepada sebanyak 12,8 juta pekerja.

Lebih lanjut, dukungan APBD yang diminta ikut membantu masyarakat, juga telah terealisasi sebesar Rp1,71 triliun dari pagu anggaran sebesar Rp4,6 triliun.

“Jadi ini berbagai bansos yang masih ada ruang yang kita harapkan bisa direalisasikan sampai dengan akhir tahun untuk membantu masyarakat yang betul-betul membutuhkan,” jelasnya.

Kementerian Keuangan mencatat full realisasi anggaran perlindungan sosial telah mencapai Rp333,8 triliun hingga 31 Oktober 2022. Sri Mulyani menyampaikan bahwa realisasi tersebut meningkat tipis jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Dia merincikan realisasi anggaran perlindungan sosial telah diberikan kepada sebanyak 10 juta keluarga penerima manfaat untuk Program Keluarga Harapan (PKH), 18,7 juta penerima Kartu Sembako, dan 23,9 juta penerima BLT minyak goreng.

Selain itu, realisasi bansos juga diberikan dalam bentuk bantuan tunai kepada sebanyak 2,1 juta pedagang kaki lima dan pemilik warung, juga telah disalurkan untuk 6,3 juta debitur KUR, serta 7,5 juta penerima BLT Desa.

Selanjutnya, Cara Cek Penerima BLT BBM 

12 Selanjutnya






21 jam lalu

Ketok Palu, Jalan Tengah Kenaikan Upah

Presiden Partai Buruh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengapresiasi keputusan Menteri Ketenagakerjaan menaikkan upah


2 hari lalu

Teten Pastikan BLT UMKM Tidak Cair Tahun ini: Tidak Ada Waktu Lagi

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menuturkan pemerintah belum merencanakan pencairan BLT UMKM di tahun depan.


2 hari lalu

Kenaikan Upah Minimum Diharapkan Dorong Daya Beli, Teten Optimistis UMKM Tahan dari Resesi 2023

Menaikkan daya beli memang menjadi tujuan utama pemerintah dalam menaikan upah minimum.


3 hari lalu

Pengusaha Kekeuh Minta PP 36 Jadi Acuan Upah Minimum, Serikat Buruh: Kami Tuntut Pidana

Said Iqbal mengatakan akan menuntut pengusaha yang kekeuh menggunakan Peraturan Pemerintah (PP) 36 tahun 2021 tentang pengupahan sebagai look upah minimum buruh.


4 hari lalu

Perhitungan Kenaikan Upah Minimum Dinilai Rumit, Buruh Usul 2 Alternatif Perhitungan

Partai buruh dan serikat buruh menyayangkan rumus yang dipakai untuk menghitung kenaikan upah minimum menjelimet dan ruwet.


5 hari lalu

Kemnaker: Batas Pengumuman Besaran Upah Minimum 2023 di Daerah Diperpanjang

Menaker menegaskan penetapan upah minimum 2023 baru harus tetap berlaku mulai 1 Januari 2023.


5 hari lalu

Kemnaker Tetapkan Upah Minimum Tahun Depan Naik 10 Persen

Kemnaker menerbitkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 18 Tahun 2022 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2023.


6 hari lalu

Kemenaker Akan UMP 2023 Hari Ini, PP Mana yang Akan Digunakan jadi Dasar Perhitungan?

Kementerian Ketenagakerjaan rencananya akan mengumumkan besar upah minimum provinsi atau UMP tahun 2023 pada hari ini.


6 hari lalu

Dampak Inflasi, Pemprov Sumut Bagikan BLT Rp 130.000 per Orang

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 30.672 penerima di 33 kabupaten dan kota.


7 hari lalu

Buruh Ancam Mogok Kerja Jika PP 36/2021 Tetap Jadi Landasan Aturan Upah, Pengusaha: Pasrah

Para buruh menyatakan akan mogok kerja bila pemerintah tidak mengubah PP nomor 36 tahun 2021 tentang Pengupahan sebagai acuan dalam menaikan UMP/UMK.


Saksikan Video Menkeu Pastikan BLT BBM Cair Lagi Bulan Depan, Berikut Cara Mengeceknya Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel