SOAL Cahaya Misterius di Gunung Gede yang Dikaitkan dengan Gempa Cianjur, Begini Faktanya

Sedang Trending 1 minggu yang lalu 75

TRIBUN-MEDAN.COM - Beredar informasi tentang adanya sinar seperti api menyala di Gunung Gede Pangrango yang menyebabkan terjadinya erupsi Gunung Gede.

Lantas, fenomena itu dikaitkan menjadi penyebab adanya gempa bumi di daerah Kampung Singa Barong dan Kampung Sarongge, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Teguh Rahayu selaku Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung menegaskan, informasi tersebut dipastikan tak benar alias hoaks.

Ia menjelaskan bahwa warta itu dibuat orang tak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan informasi yang berasal dari BMKG.

Teguh menjelaskan, kondisi Gunung Gede Pangrango saat ini berada di level I atau normal.

Ia menegaskan, tiba saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi dengan tepat, kapan, dimana dan berapa kekuatan gempa yang akan terjadi.

BMKG pun mengimbau masyarakat tak terpengaruh dengan isu yang tak dapat dipertanggungjawabkan.

Sebelumnya, usai gempa di Cianjur Senin lalu, beredar info bahwa Gunung Gede Pangrango mengalami erupsi.

Senada dengan BMKG, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) pun juga buka suara.

Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan BBTNGGP memastikan bahwa gunung api yang berada di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi itu tetap dalam kondisi aman.

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil pantauan dari pos pengamatan, Gunung Gede Pangrango dapat terlihat jelas, dan tak teramati adanya api atau asap.

Sementara itu, terkait informasi kegempaan, dia mengatakan, pihaknya saat ini tengah mengidentifikasi gempa yang terekam.

Sebagai informasi, 151 orang dilaporkan lenyap pascagempa dengan magnitudo 5,6 yang terjadi di Kabupaten Cianjur.

Keberadaan penduduk tersebut tetap belum ditemukan.

Hingga saat ini BMKG mencatat 161 gempa yang terjadi hingga hari ini.

Namun BMKG menghimbau penduduk agar tak panik karena kekuatan gempa susulan diprediksi semakin mengecil.

Hingga hari Minggu diprediksi akan ada gempa susulan namun tak kuat.

(Tribun-video.com/WartaKotalive)


Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Beredar Kabar Kilatan Misterius di Gunung Gede Sebabkan Gempa Cianjur, Begini Penjelasan BMKG,

Sebagian artikel ini telah tayang di Kompas.tv dengan judul Prediksi Akan Ada Gempa Susulan Hingga Hari Minggu, BMKG Imbau Warga Agar Tidak Panik!

Saksikan Video SOAL Cahaya Misterius di Gunung Gede yang Dikaitkan dengan Gempa Cianjur, Begini Faktanya Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel