Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2020
Home jadwal bola Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi  

Aspek Kebencanaan Covid-19 Masuk dalam Pemrograman Sektor PUPR | Berita Tempo Hari Ini

Oleh : Admin | on Selasa, 26 Mei 2020 05:04 WIB

Aspek Kebencanaan Covid-19 Masuk dalam Pemrograman Sektor PUPR | Berita Tempo Hari Ini

Kegiatan penyaluran bansos secara simbolis diawali oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis, 30 April 2020.

SUMUTkota.com, Jakarta - Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur dan Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Hadi Sucahyono memasukkan aspek kebencanaan nonalam Covid-19 sebagai salah satu indikator dalam penyusunan dan pemrograman sektor PUPR. Jika pandemi ini masih ada, maka infrastruktur yang dibangun akan menyesuaikan.

"Misalkan standar rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR perlu diperluas lagi. Fasilitasnya ditambah dengan jaringan internet supaya mereka nyaman bekerja di rumah," ujar Hadi seperti dikutip dari akun Instagram @informasibpiw di Jakarta, Senin, 25 Mei 2020.

Adapun bila infrastruktur yang dibangun merupakan proyek pembangunan dapat diselesaikan satu tahun atau single year project, maka dapat diubah menjadi tahun jamak atau multi year project. Selain itu, program padat karya semakin gencar dilakukan bila angka positif Covid-19 masih tinggi.

Hal itu untuk membantu mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan yang meningkat akibat wabah tersebut. “Selama terjadinya pandemi Covid-19, dukungan infrastruktur juga ditujukan untuk penanganan kesehatan, seperti pembangunan rumah sakit," kata Hadi.

Sementara itu, transformasi kota masa depan harus memperhatikan ketahanan kota untuk mengantisipasi risiko di masa depan seperti penggunaan infrastruktur tangguh bencana. Menurut Hadi, kota masa depan juga mengakomodasi smart city dan Inklusif melalui pemanfaatan teknologi dalam bentuk meningkatkan tata kelola kota cerdas.

Masuknya kebencanaan nonalam sebagai salah satu indikator penyusunan perencanaan dan pemrograman sektor PUPR ini diharapkan  dapat mendukung masyarakat tetap produktif di tengah pandemi termasuk ketahanan terhadap pandemi.

ANTARA



Aspek Kebencanaan Covid-19 Masuk dalam Pemrograman Sektor PUPR | Bang Naga | on Selasa, 26 Mei 2020 05:04 WIB | Rating 4.5
Cuplikan :Judul: Aspek Kebencanaan Covid-19 Masuk dalam Pemrograman Sektor PUPR
Description: Aspek kebencanaan nonalam Covid-19 sebagai salah satu indikator dalam penyusunan dan pemrograman sektor PUPR.
Alamat: https://news.sumutkota.com/tempo/read/1346252/aspek-kebencanaan-covid-19-masuk-dalam-pemrograman-sektor-pupr.html
Artikel Terkait

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

» 1.280 Calon Jemaah Minta Refund Dana Haji, Jatim Terbanyak
» Empat Daerah Buka Sekolah, FSGI Nilai Langgar SKB 4 Menteri
» Polisi Tetapkan 2 Tersangka Kasus Prostitusi Artis HH
» Menkes Terawan Harap Anak-anak Tak Stres saat Pandemi Corona
» Kemenpora Respons Wacana Badan Akreditasi Olahraga Bubar
» KRI Teluk Jakarta Tenggelam di Pulau Kangean, 55 ABK Selamat
» Kaset Langka Gim Super Mario 1985 Berhasil Dijual Rp2 M

Karir


Lirik


Nasional

» Gempa Bumi Hari Ini

menu


Tempo LIPUTAN DAIRI QUICK COUNT PILPRES Zodiak
© 2017 - 2020 news.sumutkota.com | Pers | V.DB: 3.50 | All Right Reserved

DMCA.com Protection Status


Page loads : seconds