Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2020
Home jadwal bola Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi  

Ini Penyebab Pantai Danau Terpencil di Kanada Punya Warna Ungu | Berita Tempo Hari Ini

Oleh : Admin | on Selasa, 26 Mei 2020 05:56 WIB

Ini Penyebab Pantai Danau Terpencil di Kanada Punya Warna Ungu | Berita Tempo Hari Ini

Pasir pantai berwarna ungu di Taman Nasional Candle Lake. Foto: Leanne Summers/BBC

SUMUTkota.com, Jakarta - Di Pantai Purple Sands yang terpencil, pasir dapat muncul dalam spektrum warna kromatik, mulai dari lavender hingga magenta dan kadang-kadang merah muda.

Pada bulan Juli itu, Candice LaFaver dan keluarganya bersantai dengan berlayar di danau air tawar yang terletak di Saskatchewan utara. Saat memandang pantai danau yang sepi, ia setengah tak percaya. Alih-alih menemukan pantai berpasir putih atau cokelat, ia melihat pantai berpasir ungu.

Dan Candice LaFaver terakhir kali melihat butiran pasir ungu di sepanjang garis Pantai Purple Sands di Taman Provinsi Candle Lake pada 2018.

Di dekat tepi utara-timur danau, sebuah area yang hanya dapat dicapai dengan perahu, LaFaver memperhatikan garis tebal pasir berwarna cerah, yang membungkus garis pantai seperti pita di atas kado.

"Saya belum pernah melihat “pita” sebesar itu dalam waktu yang lama," kenang LaFaver, yang bekerja sebagai pengelola Taman Candle Lake yang membentang seluas 78 km persegi. Taman yang dilindungi pemerintah itu, menjadi surga rekreasi bagi penggemar wisata outdoor.

Penampakan pantai ungu tak selalu terjadi. Kadang tampak samar atau tampak jelas dengan lebar rerata 60 cm dan membungkus garis pantai. Selama 25 tahun, LaFaver telah tinggal di desa resor kecil Candle Lake, sebuah komunitas yang terdiri dari 850 penduduk pada garis batas taman provinsi. Ia melihat rona ungu dan panjang pasir berwarna berfluktuasi dengan arus dan musim. Saat pasir berwarna ungu itu muncul, ia tahu tak akan mendapatkannya pada musim panas tahun depan.

"Kami turun dari kapal dan nongkrong di sana sepanjang hari," katanya kepada BBC. "Saya tidak tahu kapan saya bisa melihatnya dengan jelas di sepanjang pantai [lagi]."

Keberadaan pasir berwarna ungu di Danau Purple Sands sangat bergantung arus dan musim. Namun wisatawan, arkeolog, dan naturalis terus mendatangi pantai itu setiap tahun. Foto: @tonylobel

Dikenal sebagai "Pantai Pasir Ungu", hamparan tanah terpencil ini telah mendapatkan reputasi di seluruh Kanada karena fitur geologisnya yang menakjubkan. Butir-butir pasir dapat muncul dalam spektrum warna kromatik, mulai dari lavender hingga magenta dan kadang-kadang bahkan merah muda. Partikel-partikel yang hidup tampak tercecer di pantai seperti sapuan kuas seorang seniman, tersebar dalam kelompok-kelompok di bebatuan dan beriak di bawah permukaan air di teluk danau yang dangkal.

Fenomena alam ini menjadi ziarah bagi para naturalis, fanatik geologi, dan pengunjung luar kota, yang tiba sepanjang tahun, dengan harapan dapat melihat sekilas sebelum terhanyut atau menghilang di bawah hujan salju.

"Yah, Anda tidak berpikir itu nyata," kata Debbie Hunter, 64, seorang warga Candle Lake yang tinggal di dekat Pantai Minowukaw, salah satu perkemahan yang ditunjuk taman.

Setelah badai angin kencang atau terjadinya ombak besar, Hunter melihat jejak pasir ungu terbawa jauh hingga ke perbatasan, dekat dengan lahan hutan provinsi. Beberapa penduduk bahkan melaporkan melihat butiran berwarna di sepanjang tepi Danau Torch, namun tak sebanyak di Taman Candle Lake.

Sementara citra pasir ungu mungkin tampak seperti sesuatu dari dongeng, ada penjelasan geologis di baliknya. Menurut Kevin Ansdell, profesor geologi di Universitas Saskatchewan di Saskatoon, semua pantai mengaitkan warna mereka dengan mineral, batu, dan kerang yang terdiri dari berbagai partikel pasir.

"Jika Anda berkeliling dunia, ada semua jenis pantai berwarna berbeda," jelas Ansdell kepada BBC. "Jelas, yang paling umum adalah pasir putih khas yang Anda pikirkan. Itu biasanya terbuat dari banyak butiran kuarsa bulat."

Sebagai mineral kedua yang paling umum ditemukan di Bumi, kuarsa adalah alasan mengapa begitu banyak garis pantai berpasir putih, katanya.

Namun, putih bukan satu-satunya rona untuk menghias garis pantai. Islandia dan Hawaii, misalnya, masing-masing memiliki koleksi pantai berpasir hitam, yang gelap dan murung yang tersusun dari batuan lava vulkanik. Dan ada contoh lain di seluruh dunia, di mana mineral dan sedimen telah mengubah badan air menjadi lanskap yang memiliki warna yang khas.

Pasir berwarna ungu di Pantai Purple Sands di Taman Nasional Candle Lake didapat dari mineral garnet. Foto: @travel.saskatchewan

Danau Peyto di Taman Nasional Banff di Alberta memiliki warna pirus ke sedimen gletser yang melayang pada air. Sementara Sungai Kuning di Cina barat, yang berasal dari provinsi Qinghai, memiliki begitu banyak endapan sehingga sungai itu tetap berwarna kuning.

Lingkungan Saskatchewan utara, memiliki mineral garnet, yang terkonsentrasi besar di Kanada bagian utara. Inilah yang membuat danau air tawar di Candle Lake memiliki pasir pantai berwarna ungu.



Ini Penyebab Pantai Danau Terpencil di Kanada Punya Warna Ungu | Bang Naga | on Selasa, 26 Mei 2020 05:56 WIB | Rating 4.5
Cuplikan :Judul: Ini Penyebab Pantai Danau Terpencil di Kanada Punya Warna Ungu
Description: Di Pantai Purple Sands yang terpencil, pasir dapat muncul dalam spektrum warna kromatik, mulai dari lavender, magenta, dan kadang-kadang merah muda.
Alamat: https://news.sumutkota.com/tempo/read/1346279/ini-penyebab-pantai-danau-terpencil-di-kanada-punya-warna-ungu.html
Artikel Terkait

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

» Aturan Wajib APD Tak Jamin Pilkada 2020 Aman dari Covid
» Kasus Editor Metro TV, Polisi Cari CCTV yang Tak Buram
» Kemendagri Sebut Puluhan Daerah Belum Cairkan Dana Pilkada
» Bawaslu Temukan Ribuan ASN Pro Calon Independen Pilkada 2020
» Dukung Falcon, Sutradara Avengers Akui Marvel Kurang Beragam
» Guardiola Sebut Presiden La Liga Cemburu
» Dihimpit Tekanan AS dan Corona, Keuntungan Huawei Naik

Karir


Lirik


Nasional

» Gempa Bumi Hari Ini

menu


Tempo LIPUTAN DAIRI QUICK COUNT PILPRES Zodiak
© 2017 - 2020 news.sumutkota.com | Pers | V.DB: 3.50 | All Right Reserved

DMCA.com Protection Status


Page loads : seconds