Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2020
Home jadwal bola Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi  

Erick Thohir Sebut BUMN di 3 Sektor Ini Tahan Hadapi Pandemi | Berita Tempo Hari Ini

Oleh : Admin | on Rabu, 27 Mei 2020 04:04 WIB

Erick Thohir Sebut BUMN di 3 Sektor Ini Tahan Hadapi Pandemi | Berita Tempo Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir meninjau stok masker kain dan cairan anti septik di Apotik Kimia Farma Jakarta, Rabu 4 Maret 2020. Direktur Utama Kimia Farma Verdi Budidarmo menegaskan stok masker kain untuk saat ini masih ada sekitar 4.000 dus. Tempo/Tony Hartawan

SUMUTkota.com, JakartaMenteri Badan usaha Milik Negara Erick Thohir mengatakan sebagian besar perusahaan pelat merah merasakan dampak dari wabah virus Corona atau Covid-19. Hanya sebagian kecil saja dari perseroan yang tidak rentan dari pagebluk.

"Saya rasa 90 persen BUMN kena Covid-19, hanya 10 persen yang tidak rentan, misalnya di telekomunikasi, farmasi, dan perkebunan," ujar Erick Thohir dalam konferensi video, Selasa, 26 Mei 2020. Untuk itulah ke depannya, ia akan menyiapkan peta jalan ketahanan energi, pangan, dan kesehatan.

Dengan adanya peta jalan itu, Erick mengatakan nantinya klaster-klaster di BUMN jumlahnya akan dirampingkan ketimbang jumlah saat ini. Jumlah klaster tersebut akan dipangkas dari 27 klaster menjadi 12 klaster saja.

Nantinya, klaster itu akan dihubungkan dengan rantai pasok. Dengan demikian, perseroan akan lebih tanah dalam menghadapi tantangan teknologi dan logistik di kemudian hari.

Dalam waktu dekat, dengan adanya wabah Covid-19, kata Erick, mau tidak mau membuat BUMN harus berubah. Apalagi, hampir sepertiga kekuatan ekonomi Tanah Air berada di perusahaan pelat merah. Meskipun demikian, adalah tidak tetap apabila pemerintah hanya memikirkan ekonomi tanpa memikirkan kesehatan di perseroan. "Karena itu saya keluarkan surat edaran untuk direksi BUMN."

Sebelumnya, Erick telah menerbitkan surat edaran nomor S-336/MBU/05/2020 tertanggal 15 Mei 2020. Berdasarkan surat itu, ia meminta BUMN pada 25 Mei untuk merampungkan prosedur dan standar operasional perusahaan selama masa pemulihan. Kemudian protokol yang sudah disiapkan tersebut disosialisasikan pada karyawan. "(Jadi) bukan jadwal masuk kembali ke kantor," ucapnya.

Erick menegaskan, waktu bagi seluruh BUMN untuk kembali aktif berkantor menunggu pengumuman resmi dari pemerintah pusat mengenai izin dan protokol aktivitas fisik pada masa pemulihan pandemi virus Corona atau Covid-19. "Namun tentu begitu keputusan itu keluar, kami semua di BUMN harus siap segera. Sebagai bagian persiapan itu tanggal 25, perusahaan menyampaikan panduan masing-masing kepada seluruh karyawannya," kata dia.

Menurut Erick, pada masa pemulihan yang banyak disebut sebagai The New Normal itu ada tren perubahan sosial, lingkungan, dan bisnis. Pada fase new normal atau normal baru interaksi fisik akan semakin terbatas. Sebaliknya interaksi digital yang selama masa WFH menjadi opsi utama dalam kegiatan masyarakat, diprediksi akan tetap bertahan.

"Karena itu butuh strategi kontigensi yang menyesuaikan dengan kondisi sosial, ekonomi, budaya, maupun lingkungan," ujar Erick. 

Segala opsi ini masih dikaji secara mendalam oleh seluruh pihak. Waktu definitif terkait tahapan pelaksanaan pemulihan pasca-Covid di BUMN juga masih menunggu resmi pemerintah.



Erick Thohir Sebut BUMN di 3 Sektor Ini Tahan Hadapi Pandemi | Bang Naga | on Rabu, 27 Mei 2020 04:04 WIB | Rating 4.5
Cuplikan :Judul: Erick Thohir Sebut BUMN di 3 Sektor Ini Tahan Hadapi Pandemi
Description: "Saya rasa 90 persen BUMN kena Covid-19, hanya 10 persen yang tidak rentan, misalnya di telekomunikasi, farmasi, dan perkebunan," ujar Erick Thohir.
Alamat: https://news.sumutkota.com/tempo/read/1346527/erick-thohir-sebut-bumn-di-3-sektor-ini-tahan-hadapi-pandemi.html
Artikel Terkait

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

» Pandemi Corona, Komunitas Toyota-Daihatsu Sumbang Darah
» UFC 251: Usman dan Masvidal Memiliki Bobot Setara
» IDI Ungkap Sebab Kasus Corona Masih Sangat Tinggi di Jatim
» Gang Dong-won Berharap Fan Gong Yoo Menyukai Peninsula
» Dokter Sidoarjo Keluhkan Ketiadaan Mesin PCR
» Barcelona Sabar Tunggu Madrid Terpeleset di Akhir Musim
» Anggota DPR Ikut Jemput TKI Ety Negatif Corona

Karir


Lirik


Nasional

» Gempa Bumi Hari Ini

menu


Tempo LIPUTAN DAIRI QUICK COUNT PILPRES Zodiak
© 2017 - 2020 news.sumutkota.com | Pers | V.DB: 3.50 | All Right Reserved

DMCA.com Protection Status


Page loads : seconds