Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2020
Home jadwal bola Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi  

Mendagri Tito: Tak Ada Negara yang Tunda Pemilu ke Tahun Depan | Berita Tempo Hari Ini

Oleh : Admin | on Rabu, 27 Mei 2020 15:08 WIB

Mendagri Tito: Tak Ada Negara yang Tunda Pemilu ke Tahun Depan | Berita Tempo Hari Ini

Petugas PPK memeriksa kotak suara saat persiapan rekapitulasi suara Pemilu 2019 di Kecamatan Denpasar Barat, Bali, Sabtu, 20 April 2019. Rekapitulasi suara Pemilu 2019 di tingkat kecamatan di Denpasar akan dilakukan pada 22 April 2019 dengan batas waktu hingga 4 Mei mendatang sehingga selanjutnya bisa diserahkan ke KPU Kota Denpasar. ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

SUMUTkota.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan tidak ada negara yang menunda pelaksanaan pemilu, baik nasional, federal, maupun lokal hingga tahun depan meski pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Dia menyebut dari 47 negara yang menggelar pemilu, sebagian di antaranya sesuai jadwal, sebagian lainnya tertunda untuk hitungan bulan.

"Sebagian sudah melaksanakan, sebagian on schedule, sebagian menunda tapi bulan, tidak ada tahun," kata Tito dalam rapat kerja bersama Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat dan penyelenggara pemilu pada Rabu, 27 Mei 2020.

Tito mencontohkan, Korea Selatan sudah melaksanakan pemilu bahkan di puncak pandemi. Pencoblosan di Korea Selatan berlangsung pada 15 April lalu, sedangkan tahapannya sudah dilakukan sejak Januari. "Padahal negara ini yang kedua mengalami pukulan setelah Cina," kata Tito.

Berikutnya, Tito mencontohkan Amerika Serikat yang tetap akan menggelar pemilihan presiden, anggota DPR, dan senat pada tahun ini. Beberapa negara lainnya yang tetap menggelar pemilu di antaranya Iran, Israel, Perancis, Jerman, Bangladesh, dan lainnya.

"Indonesia kalau terlaksana Desember maka kita negara terakhir yang laksanakan pilkada di 270 wilayah di 2020 di seluruh dunia, kita yang terakhir," ujar mantan Kepala Kepolisian Republik Indonesia ini.

Menurut Tito, Indonesia dapat meniru beberapa protokol Covid-19 untuk pemilu yang diberlakukan di negara-negara tersebut. Dia mencontohkan, protokol yang bisa diterapkan ialah menggunakan masker, APD untuk petugas pemilu di zona merah, menambah tempat pemungutan suara (TPS), dan lainnya.

Tito mengatakan memang sempat ada opsi menunda pilkada hingga 2021. Namun dia mengatakan hingga saat ini tak ada satu ahli pun yang menjamin kapan pandemi Covid-19 akan berakhir.



Mendagri Tito: Tak Ada Negara yang Tunda Pemilu ke Tahun Depan | Bang Naga | on Rabu, 27 Mei 2020 15:08 WIB | Rating 4.5
Cuplikan :Judul: Mendagri Tito: Tak Ada Negara yang Tunda Pemilu ke Tahun Depan
Description: Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan Korea Selatan bahkan melaksanakan Pemilu di tengah pandemi Covid.
Alamat: https://news.sumutkota.com/tempo/read/1346762/mendagri-tito-tak-ada-negara-yang-tunda-pemilu-ke-tahun-depan.html
Artikel Terkait

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

» Kanye West Vokal soal Anti Vaksin, Risiko Bagi Bisnis Gap
» Tanda-tanda Tubuh Kurang Makan Sayuran
» Tak Punya Uang, Anies Minta Bantuan Pusat soal Proyek Banjir
» Klasemen Liga Italia: Inter Milan Terlempar dari Tiga Besar
» Sinematografer Ungkap Rahasia Adegan Panas 365 Days
» Jokowi Perintahkan Polisi Lindungi Tenaga Medis Diintimidasi
» Anies: Pembebasan Lahan untuk Pelebaran Sungai Butuh Waktu

Karir


Lirik


Nasional

» Gempa Bumi Hari Ini

menu


Tempo LIPUTAN DAIRI QUICK COUNT PILPRES Zodiak
© 2017 - 2020 news.sumutkota.com | Pers | V.DB: 3.50 | All Right Reserved

DMCA.com Protection Status


Page loads : seconds