Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2020
Home jadwal bola Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi  

Pesimistis New Normal Berhasil, Indef: Masyarakat Cenderung Abai | Berita Tempo Hari Ini

Oleh : Admin | on Rabu, 27 Mei 2020 17:02 WIB

Pesimistis New Normal Berhasil, Indef: Masyarakat Cenderung Abai | Berita Tempo Hari Ini

Aktivitas di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Kamis, 19 Maret 2020. Suasana sepi terlihat di sejumlah mal di ibu kota terlihat sepi karena pengunjung berkurang drastis. ANTARA/M Risyal Hidayat

SUMUTkota.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad pesimistis penerapan tatanan baru atau New Normal diikuti penerapan protokol kesehatan oleh publik dengan baik. 

Pasalnya, kata Tauhid, dari berbagai contoh kasus sebelumnya bahwa masyarakat belum sepenuhnya sadar akan pentingnya melakukan physical distancing untuk memutus penyebaran virus Corona atau Covid-19. Oleh karena itu, pemerintah masih perlu terus memberikan sosialisasi tentang protokol kesehatan yang baik dan benar.

“Masyarakat kita agak kurang begitu baik dan cenderung abai bisa dilihat dari antusias mudik,” ujar Tauhid, Rabu, 27 Mei 2020.

Tauhid juga menilai seharusnya ada pengawasan terhadap kesehatan maupun sanksi kepada pelanggar protokol kesehatan. Dengan begitu, diharapkan skenario normal baru dapat terlaksana dengan baik tanpa menambah jumlah kasus Covid-19.

“Pelaksanaan new normal butuh orang mengawasi jauh lebih banyak, tapi susah kalau hanya mengandalkan kesadaran masyarakat, apalagi tidak ada sanksi,” kata Tauhid.

Lebih jauh, Tauhid mengatakan persiapan protokol kesehatan menjadi hal utama dalam menyambut kondisi normal baru mengingat kasus Covid-19 di Indonesia masih tergolong tinggi dan belum menunjukkan adanya penurunan. “Tidak apa-apa sosialisasi soal new normal tapi ini lihat dulu indikator (protokol kesehatan) yang penting,” ujarnya.

Pernyataan Tauhid menanggapi rencana pemerintah yang mulai membuka kembali aktivitas perekonomian seperti tempat perbelanjaan akan membutuhkan penanganan dan persiapan protokol kesehatan yang berbeda-beda. “Apa pasar dan mal siap dengan situasi seperti itu karena agak berat, terutama bagi usaha yang sangat mengandalkan kerumunan massa, termasuk mal akan berkurang separuh,” katanya.

Dalam mempersiapkan protokol kesehatan, menurut Tauhid, bakal membutuhkan biaya banyak dan tidak mudah. Ia mencontohkan restoran yang harus menyiapkan tempat makan dengan tingkat privasi lebih tinggi karena tidak bisa memasukkan orang lebih banyak. “Ini tidak mudah dan perlu biaya. Bukan sekadar mal dibuka, tapi masing-masing usaha juga harus diatur."

ANTARA



Pesimistis New Normal Berhasil, Indef: Masyarakat Cenderung Abai | Bang Naga | on Rabu, 27 Mei 2020 17:02 WIB | Rating 4.5
Cuplikan :Judul: Pesimistis New Normal Berhasil, Indef: Masyarakat Cenderung Abai
Description: Indef menilai seharusnya ada pengawasan terhadap kesehatan maupun sanksi kepada pelanggar protokol kesehatan saat penerapan New Normal.
Alamat: https://news.sumutkota.com/tempo/read/1346819/pesimistis-new-normal-berhasil-indef-masyarakat-cenderung-abai.html
Artikel Terkait

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

» Pegawai Positif Corona, BPJS Kesehatan Medan Tutup 11 Hari
» BRI Kucurkan Kredit Rp11,2 Triliun dari Simpanan Pemerintah
» Album Debut Irene & Seulgi Kuasai Tangga Lagu Korsel
» Pengamat: PSSI Pikirkan Struktur Dahulu, Baru Piala Dunia
» 5 Ide Bulan Madu 'di Rumah Aja'
» 1.226 Orang, Jatim Catat 33 Persen Kematian Nasional Covid-19
» Efek Buruk Kebiasaan Isi Tangki BBM Tak Pernah Penuh

Karir


Lirik


Nasional

» Gempa Bumi Hari Ini

menu


Tempo LIPUTAN DAIRI QUICK COUNT PILPRES Zodiak
© 2017 - 2020 news.sumutkota.com | Pers | V.DB: 3.50 | All Right Reserved

DMCA.com Protection Status


Page loads : seconds