Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2020
Home jadwal bola Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi  

Kasus Covid-19 Naik di PSBB Transisi, PDIP: Luput dari Perhatian | Berita Tempo Hari Ini

Oleh : Admin | on Selasa, 7 Juli 2020 14:03 WIB

Kasus Covid-19 Naik di PSBB Transisi, PDIP: Luput dari Perhatian | Berita Tempo Hari Ini

SUMUTkota.com, Jakarta - Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Gilbert Simanjuntak mengatakan Pemprov DKI Jakarta kurang memperhatikan masyarakat bawah saat PSBB Transisi. Akibatnya, kasus Covid-19 di ibu kota kembali melonjak, bahkan mencapai rekor baru.

Gilbert menyebut kalangan inilah yang sejak awal kurang disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. "Mereka luput dari perhatian," kata Gilbert melalui keterangan tertulisnya, Selasa, 7 Juli 2020. "Sejak awal mereka kurang disiplin dalam menggunakan masker dan kurang tertib menjalankan protokol."

Gilbert melihat kalangan kelas bawah kurang menyadari penularan karena lebih mengutamakan bagaimana hidup, bukan kualitas hidup untuk sehat. Angka kematian di kelompok ini berkisar 5 persen tidak berbeda dengan angka kematian secara nasional. "Artinya kekebalan dan daya tahan mereka tidak terbukti lebih baik."

Anggota DPRD DKI ini menilai pemeriksaan masif uji usap yang dilaksanakan Pemprov DKI Jakarta untuk melacak warganya yang terpapar Covid-19 tidak ada artinya. Alasannya, kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan tidak dilakukan maksimal.

"Yang dapat mencegah adalah kepatuhan terhadap protokol," ujarnya. "Menutup pasar hanya efektif sesaat, karena setelah itu masyarakat di pasar kembali lagi ke kebiasaan semula."

Menurut dia, mendidik masyarakat di kelompok bawah haruslah menjadi fokus pencegahan Covid-19 yang dilakukan pemerintah. Langkah itu membutuhkan jangka waktu lama atau persistensi untuk mengubah kebiasaan mereka.

"Mendidik masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan sampai ada vaksin itu yang menjadi penting untuk saat ini."

Pada masa PSBB Transisi ini, kasus positif Covid-19 di Jakarta pada Senin, 6 Juli 2020 bertambah 231 orang. Sehari sebelumnya, angka penularan virus corona mencetak rekor baru dengan penambahan 256 kasus baru.



Kasus Covid-19 Naik di PSBB Transisi, PDIP: Luput dari Perhatian | Bang Naga | on Selasa, 7 Juli 2020 14:03 WIB | Rating 4.5
Cuplikan :Judul: Kasus Covid-19 Naik di PSBB Transisi, PDIP: Luput dari Perhatian
Description: Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI mengatakan Pemprov DKI Jakarta kurang memperhatikan masyarakat bawah saat PSBB Transisi sehingga .
Alamat: https://news.sumutkota.com/tempo/read/1362257/kasus-covid-19-naik-di-psbb-transisi-pdip-luput-dari-perhatian.html
Artikel Terkait

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

» Tas Mewah Rp24 Juta Dianggap Mirip Kantong Kresek
» Jangan Keliru, Mitsubishi Pajero Beda dengan Pajero Sport
» Kemenkes Kuliahi Hadi Pranoto soal Proses Penemuan Obat Covid
» BKPM Sebut 17 Juta Orang RI Sedang Cari Kerja saat Corona
» Rekor Ronaldo Pernah Jadi Kontroversi
» Warga Sampang Dobrak Protokol Demi Sucikan Jasad Kerabat
» Sukses Gelar Haji, Arab Saudi Berencana Buka Kembali Umrah

Karir


Lirik


Nasional

» Gempa Bumi Hari Ini

menu


Tempo LIPUTAN DAIRI QUICK COUNT PILPRES Zodiak
© 2017 - 2020 news.sumutkota.com | Pers | V.DB: 3.50 | All Right Reserved

DMCA.com Protection Status


Page loads : seconds