Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2020
Home jadwal bola Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi  

Mahfud Md: Perpres Pelibatan TNI Atasi Terorisme Sedang Disiapkan | Berita Tempo Hari Ini

Oleh : Admin | on Rabu, 8 Juli 2020 21:16 WIB

Mahfud Md: Perpres Pelibatan TNI Atasi Terorisme Sedang Disiapkan | Berita Tempo Hari Ini

Sejumlah anggota gabungan Polri dan TNI saat melakukan simulasi pengamanan Asian Games 2018 di lapangan Mapolda Metro Jaya, Jakarta, 31 Juli 2018. Pengamanan Asian Games akan dimulai pada awal Agustus dengan konsentrasi operasi terhadap terorisme, kejahatan jalanan, dan arus lalu lintas. TEMPO/M Taufan Rengganis

SUMUTkota.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md mengatakan pemerintah masih membahas draf Peraturan Presiden tentang pelibatan TNI dalam mengatasi terorisme. Menurutnya, hal itu adalah amanat undang-undang yang bahwa TNI dilibatkan dalam penanganan aksi terorisme.

"Karena itu amanat undang-undang kita sekarang mengolahnya agar menjadi proporsional. Karena dulu memang pikirannya terorisme itu adalah lebih ditekankan sebagai tindak pidana. Tindak Pidana itu artinya hukum maka namanya Undang-Undang Tindak Pidana Terorisme," ujar Mahfud dalam keterangan tertulis, Rabu, 7 Juli 2020.

Namun, kata Mahfud, tindak pidana saja tidak cukup karena ada hal-hal di mana TNI harus terlibat di dalam skala, jenis kesulitan, situasi, dan dalam objek tertentu.

"Itu sekarang sedang disiapkan. Kami harus membuat itu, mudah-mudahan dalam waktu tidak lama bisa selesai,” kata dia.

Ia mengatakan pemerintah masih terus mengkaji hal tersebut. Ia pun mengatakan hal ini akan diselesaikan secepatnya. "Tinggal penyerasian beberapa hal agar semua berjalan baik," ujar Mahfud.

Perpres Pelibatan TNI Mengatasi Terorisme merupakan tindak lanjut dari Undang-Undang nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Dalam pasal 43 I ayat 1, disebutkan bahwa tugas TNI dalam mengatasi aksi terorisme merupakan bagian dari operasi militer selain perang. Pada ayat 3, disebutkan bahwa ketentuan soal pelibatan TNI ini diatur dalam Perpres.

Sejak tahun lalu, rencana pembuatan Perpres ini telah mendapat tentangan. Pelibatan TNI tetap dianggap tak relevan dengan Undang-Undang TNI dan berbahaya bagi penegakkan hukum dan HAM di Indonesia.

Koalisi masyarakat sipil yang terdiri dari sejumlah lembaga yang fokus pada isu hak asasi manusia menilai aturan itu memberikan mandat yang luas dan berlebihan kepada TNI. Terlebih pengaturan tersebut tidak diikuti mekanisme akuntabilitas militer yang jelas untuk tunduk pada sistem peradilan umum.



Mahfud Md: Perpres Pelibatan TNI Atasi Terorisme Sedang Disiapkan | Bang Naga | on Rabu, 8 Juli 2020 21:16 WIB | Rating 4.5
Cuplikan :Judul: Mahfud Md: Perpres Pelibatan TNI Atasi Terorisme Sedang Disiapkan
Description: Kata Mahfud Md, tindak pidana saja tidak cukup. Ada hal-hal di mana TNI harus terlibat dalam penanggulangan terorisme.
Alamat: https://news.sumutkota.com/tempo/read/1362902/mahfud-md-perpres-pelibatan-tni-atasi-terorisme-sedang-disiapkan.html
Artikel Terkait

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

» Satgas Covid Minta Daerah Bikin SOP Perlindungan Tenaga Medis
» Jelang MU vs Copenhagen, Pogba Disebut Kembali Bahagia
» BMKG Perkirakan Abu Vulkanik Erupsi Sinabung Sampai ke Aceh
» 'Diserbu' Roker, Pintu Selatan Stasiun Tanah Abang Ditutup
» Ada Dugaan Pidana, Status Hukum Jaksa Pinangki ke Penyidikan
» Total 348 Dokter dan Tenaga Medis di Sumut Terinfeksi Corona
» Bos PS Store Didakwa Timbun dan Jual Ponsel Ilegal

Karir


Lirik


Nasional

» Gempa Bumi Hari Ini

menu


Tempo LIPUTAN DAIRI QUICK COUNT PILPRES Zodiak
© 2017 - 2020 news.sumutkota.com | Pers | V.DB: 3.50 | All Right Reserved

DMCA.com Protection Status


Page loads : seconds