Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2021
Home jadwal bola Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi  

Bersama Pemilih Potensial, KPU Pastikan Pemilu Aman dari Klaster Baru Covid-19 | Berita Medan Hari Ini

Oleh : Admin | on Selasa, 1 Desember 2020 23:54

Bersama Pemilih Potensial, KPU Pastikan Pemilu Aman dari Klaster Baru Covid-19 | Berita Medan Hari Ini

Laporan Wartawan SUMUTkota.com Medan / Dedy Kurniawan

SUMUTkota.com, BINJAI - Menjelang puncak pesta demokrasi pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai tahun 2002 pada Rabu 9 Desember 2020, KPU Binjai menargetkan partisipasi dari kalangan pemilih muda dan mahasiswa memakai hak pilihnya.

Ketua KPU Binjai, Zulfan Effendi didampingi Komisioner KPU Divisi SDM dan Parmas, Robby Effendi mengatakan pemilih potensial salah satunya dari kalangan usia muda, pelajar dan mahasiswa. Untuk itu mereka mengajak elemen mahasiswa turut serta menyosialisasian pemilu ke seluruh elemen masyarakat.

Zulfan Effendi langsung menjadi pemateri pada sosialisasi bersama mahasiswa dan organisasi Himpunan Mahasiswa Islam, baim dari pengurus dan alumni. Zulfan menerangkan beberapa tahapan yang berbeda saat pemilu di massa pandemik Covid-19.

"Kami audiensi dan sosialisasi bersama elemen pemuda dan mahasiswa, di sana kami sampaikan regulasi yang telah diterbitkan terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah 2020 di tengah Pandemi Covid-19. Pelaksanaan Pilkada 2020 memang berbeda dengan sebelumnya," kata Zulfan Effendi, Selasa (1/12/2020).

Menyikapi Pilkada di masa pandemik, KPU sudah menerbitkan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 terkait tahapan dan program dan jadwal. Kemudian keluar lagi PKPU 6/2020 yang diubah menjadi PKPU 10/2020 dan PKPU 12/2020 yaitu pelaksanaan pemilihan serentak pada masa Pandemi Covid-19. Hal ini yang menjadi perbedaan dasar.

"KPU Binjai dan jajaran optimistis pelaksanaan Pilkada 2020 berjalan aman dan sukses, dan aman dari klaster baru penyebaran Covid-19. Penerapan prokes yang ketat sudah kami siapkan mekanismenya," jelasnya.

Selaku penyelenggara pemilu, KPU Binjai sudah melakukan rapid tes kepada seluruh jajaran petugas adhock, mulai dari staf, PPK, dan PPS yang akan berinteraksi dengan peserta pemilu pada Hari H. Artinya, menjelang 9 Desember 2020 seluruh tahapan yang sudah siap sudah berdasarkan protokol kesehatan.

"KPU Binjai memastikan TPS bukan sebagai klaster baru penyebaran Covid-19. TPS dilakukan penyemprotan secara berkala, pengaturan jarak mau pun jadwal pemilih datang melalui surat pemberitahuan, petugas KPPS dibekali alat pelindung diri, hingga tinta disemprot usai melakukan pemungutan suara," jelasnya.

Nantinya, pada Hari H pemilih diwajibkan memakai masker dan alat tulisnya sendiri. Regulasi pembagian TPS hanya akan diperuntukkan ke 500 pemilih.

Robby Effendi menjelaskan, Pilkada tahun ini menggunakan aplikasi Sirekap yang menjadi alat bantu penghitungan di tingkat kecamatan. Tahanan di Rutan Polres Binjai dan pasien RSUD Djoelham juga akan mendapat pelayanan dari petugas TPS demi menjamin hak suaranya.

"Tidak perlu khawatir ke TPS. Persiapan logistik untuk Pilkada 2020 di Kota Binjai juga sudah hampir 80 persen, dan aman di Kantor KPU Binjai. Surat suara juga sudah dilakukan sortir dan lipat. Lebih kurang, ada 216 surat suara yang rusak," pungkasnya.

(Dyk/SUMUTkota.com)



Bersama Pemilih Potensial, KPU Pastikan Pemilu Aman dari Klaster Baru Covid-19 | Bang Naga | on Selasa, 1 Desember 2020 23:54 | Rating 4.5
Cuplikan :Judul: Bersama Pemilih Potensial, KPU Pastikan Pemilu Aman dari Klaster Baru Covid-19
Description: KPU Binjai menargetkan partisipasi dari kalangan pemilih muda dan mahasiswa memakai hak pilihnya.
Alamat: https://news.sumutkota.com/tribun/2020/12/01/bersama-pemilih-potensial-kpu-pastikan-pemilu-aman-dari-klaster-baru-covid-19.html
Artikel Terkait

Suami Sayat Wajah Istri Sampai Lumpuh, Cemburu Lihat Istri DM-an dengan Pria Lain di Instagram

Suami Sayat Wajah Istri Sampai Lumpuh, Cemburu Lihat Istri DM-an dengan Pria Lain di Instagram


Sumutkota.comSeorang suami yang pencemburu mengiris wajah istrinya hingga terluka parah setelah melihatnya bertukar pesan dengan teman pria lewat Instagram. ... Read More →

Awalnya Miliki 3 Istri, Kini Semuanya Menceraikan, Kiwil: Hidup Gue Udah Hancur, Udah Berantakan

Awalnya Miliki 3 Istri, Kini Semuanya Menceraikan, Kiwil: Hidup Gue Udah Hancur, Udah Berantakan


Sumutkota.comRohimah masih tetap pada gugatan cerainya, sekaligus mengapresiasi keputusan Eva Belisima yang memilih berpisah karena tidak mau Kiwil poligami. ... Read More →

Personel Polsek Medan Timur Lakukan Pengecekan Penyimpanan Vaksin

Personel Polsek Medan Timur Lakukan Pengecekan Penyimpanan Vaksin


Sumutkota.comPersonel Polsek Medan Timur melakukan pengawalan dan pengecekan Vaksin Sinovac yang tiba di Puskesmas Glugur Darat. ... Read More →

Di Tengah Badai Salju, 134 Kendaraan yang Berisi 200 Orang Tabrakan Beruntun, tapi Korbannya Minim

Di Tengah Badai Salju, 134 Kendaraan yang Berisi 200 Orang Tabrakan Beruntun, tapi Korbannya Minim


Sumutkota.comDi Tengah Badai Salju, 134 Kendaraan yang Berisi 200 Orang Tabrakan Beruntun, tapi Korbannya Minim ... Read More →

Diduga Sebar Berita Bohong, Dua Youtuber Medan Disidangkan di PN Medan

Diduga Sebar Berita Bohong, Dua Youtuber Medan Disidangkan di PN Medan


Sumutkota.comDua youtuber Medan, Joniar M Nainggolan dan Benni Eduward Hsb, jadi pesakitan di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (19/1/2021). ... Read More →

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

Karir


Lirik


Nasional

» Gempa Bumi Hari Ini

menu


Tempo LIPUTAN DAIRI QUICK COUNT PILPRES Zodiak
© 2017 - 2021 news.sumutkota.com | Pers | V.DB: 3.50 | All Right Reserved

DMCA.com Protection Status


Page loads : seconds