Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2021
Home jadwal bola Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi  

TIDAK Setenar Kopassus tapi Gaji Korps Kapal Selam Hiu Kencana Lebih Tinggi dari Satuan Lain | Berita Medan Hari Ini

Oleh : Admin | on Kamis, 22 April 2021 23:34

TIDAK Setenar Kopassus tapi Gaji Korps Kapal Selam Hiu Kencana Lebih Tinggi dari Satuan Lain | Berita Medan Hari Ini

SUMUTkota.com - Korps Hiu Kencana dengan baret hitamnya menjadi pusat perhatian karena tragedi hilangnya kapal selam KRI Nanggala-402 hilang saat latihan penembakan torpedo di perairan utara Bali, Rabu dini hari, 21 April 2021.

TNI mengerahkan segenap kemampuan untuk menemukan posisi KRI Nanggala-402 yang membawa 53 orang kru dan non kru sebelum persediaan oksigen di dalam kapal selam ini habis dalam 72 jam.

Tragedi ini mengingatkan kembali risiko besar yang dihadapi prajurit Satuan Kapal Selam (Satsel) yang berhadapan dengan kematian dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI meski pengabdiannya dilakukan senyap.

Baca juga: INILAH DAFTAR Nama dan Pangkat 53 Prajurit TNI AL di KRI Nanggala-402 yang Hilang di Laut Bali

Baca juga: UPDATE Pencarian KRI Nanggala-402, Persediaan Oksigen 72 Jam, Prabowo Bicara Peremajaan Alutsista

Meski mungkin tak setenar satuan lain seperti Kopassus atau Marinir, petinggi setingkat menteri atau kepala staf angkatan di TNI dan Kapolri selalu bersedia menjadi warga kehormatan dengan menerima Brevet Hiu Kencana.

Dalam perebutan Irian Barat, Indonesia membeli 12 kapal selam dari Rusia yang dikirimkan bertahap.

Pada 7 September1959, dua kapal selam buatan Rusia tiba di dermaga di Surabaya dan kemudian resmi menjadi bagian dari jajaran armada ALRI pada 12 September dengan nama RI Tjakra/S-01 dan RI Nanggala/S02.

12 September ditetapkan sebagai ulang tahun Korps Hiu Kencana.

Baca juga: TANGIS PILU Bidan Dian, Baru 2 Bulan Dinikahi Serda Pandu Yudha, Operator Senjata KRI Nanggala-402

Anggota TNI AL melihat melalui periskop Kapal Selam KRI Nanggala 402 di Dermaga Madura Komando Armada RI Kawasan Timur di Surabaya, Senin (6/2/2012).
Anggota TNI AL melihat melalui periskop Kapal Selam KRI Nanggala 402 di Dermaga Madura Komando Armada RI Kawasan Timur di Surabaya, Senin (6/2/2012). (KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA)

Mottonya Korps Hiu Kencana adalah Tabah Sampai Akhir (Wira Ananta Rudira) mengutip bagian pidato Presiden Soekarno di atas kapal selam RI Tjandrasa pada 6 Oktober 1966 di dermaga Tanjung Priok, Jakarta, ”Sekali menyelam, maju terus, tiada jalan untuk timbul sebelum menang. Wira Ananta Rudira. Tabah sampai akhir”.

Berikutnya pada Desember 1961 datang empat kapal selam lain: RI Nagabanda, RI Trisula, RI Nagarangsang, dan RI Tjandrasa.

Seiring dengan kampanye Trikora untuk merebut Irian Barat dari penguasaan Belanda, setahun kemudian datang enam kapal selam juga dari Rusia yang dipersenjatai torpedo tercanggih di masanya jenis SEAT-50. Hanya Rusia dan Indonesia yang memiliki torpedo tersebut saat itu.



TIDAK Setenar Kopassus tapi Gaji Korps Kapal Selam Hiu Kencana Lebih Tinggi dari Satuan Lain | Bang Naga | on Kamis, 22 April 2021 23:34 | Rating 4.5
Cuplikan :Judul: TIDAK Setenar Kopassus tapi Gaji Korps Kapal Selam Hiu Kencana Lebih Tinggi dari Satuan Lain
Description: Pada Mei 2005, misalnya, saat hubungan Indonesia dan Malaysia menghangat karena sengketa blok Ambalat, KRI Nanggala 402 dioperasikan di kawasan itu.
Alamat: https://news.sumutkota.com/tribun/2021/04/22/tidak-setenar-kopassus-tapi-gaji-korps-kapal-selam-hiu-kencana-lebih-tinggi-dari-satuan-lain.html
Artikel Terkait

Bobby Nasution: Selain Covid-19, Pungli Jadi Penyakit yang Harus Disembuhkan

Bobby Nasution: Selain Covid-19, Pungli Jadi Penyakit yang Harus Disembuhkan


Sumutkota.comIa mengatakan, dari hasil sidak ditemukan beberapa aduan masyarakat yang harus membayar sejumlah biaya saat mengurus surat menyurat. ... Read More →

Krisdayanti Bikin Raul Lemos Emosi karena Ini, Ternyata Ikut Bayarin Cicilan Ruko Bareng Anang

Krisdayanti Bikin Raul Lemos Emosi karena Ini, Ternyata Ikut Bayarin Cicilan Ruko Bareng Anang


Sumutkota.comSudah Jadi Istri Raul Lemos tapi Masih Ikut Jungkir Balik Bayarin Cicilan Ruko Anang yang Banyak Tikus, KD Ngaku Sempat Bikin sang Suami Emosi. ... Read More →

Arti  Sebenarnya Mimpi Seputar Kucing, Dari Dicakar hingga Melihat Kucing Hitam

Arti Sebenarnya Mimpi Seputar Kucing, Dari Dicakar hingga Melihat Kucing Hitam


Sumutkota.comTermasuk juga ketika kita mimpi melihat kucing hitam dan kucing putih. Tiap mimpi ini tafsirnya berbeda. ... Read More →

Mertua Korban: Perawat Pentingkan HP daripada Pasien! Tanggapan RS Bunda Mulia soal Emergency

Mertua Korban: Perawat Pentingkan HP daripada Pasien! Tanggapan RS Bunda Mulia soal Emergency


Sumutkota.comBeredar viral di medsos seorang pasien yang hendak melahirkan meninggal dunia akibat dugaan kelalaian petugas Rumah Sakit Bunda Mulia Kisaran. ... Read More →

GAWAT! Jelang Liga 2 Indonesia PSMS Medan Masih Kekurangan 8 Pemain

GAWAT! Jelang Liga 2 Indonesia PSMS Medan Masih Kekurangan 8 Pemain


Sumutkota.comDalam menghadapi perhelatan Liga 2 Indonesia yang akan bergulir pada Juli 2021 mendatang, PSMS Medan masih mencari 8 pemain ... Read More →

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

Karir


Lirik


Nasional

» Gempa Bumi Hari Ini

menu


Tempo LIPUTAN DAIRI QUICK COUNT PILPRES Zodiak
© 2017 - 2021 news.sumutkota.com | Pers | V.DB: 3.50 | All Right Reserved

DMCA.com Protection Status


Page loads : seconds